Disable Preloader

Pemko Langsa Salurkan Zakat 835 Juta Untuk Fakir Miskin

Langsa: Pemerintah Kota Langsa melalui Baitul Mal menyalurkan zakat Rp. 835.000.000 untuk senif fakir dan miskin yang berlangsung di Aula Sekretariat Daerah setempat, pada Rabu (29/5).

Zakat itu diserahkan secara simbolis oleh Wakil Walikota Langsa Dr. H. Marzuki Hamid, MM kepada perwakilan imam Gampong.

Kepala Baitul Mal Kota Langsa Tgk. Alamsyah mengatakan, tahun 2019 pihaknya menyalurkan zakat untuk 7.050 penerima zakat terdiri dari fakir sebanyak 1.6.00 orang, miskin berjumlah 5.200 orang, fakir uzur 150 orang dan fakir cacat sebanyak 1.00 orang.

"Untuk senif miskin diberikan Rp. 100.000/orang, fakir cacat dan uzur Rp. 300.000/orang dan untuk fakir Rp. 150.000/orang,"ujarnya.

Untuk fakir uzur dan cacat langsung diantar oleh petugas Baitul Mal ke Gampong-Gampong.

Sementara itu, Wakil Walikota Langsa mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Baitul Mal Langsa yang telah menerima penyaluran zakat, membuat program dan menyalurkan zakat.

Marzuki berharap ada peningkatan dari jumlah yang diberikan kepada masyarakat miskin, namun ini juga harus dibarengi dengan jumlah peningkatan zakat yang diterima.

Marzuki menghimbau kepada instansi dan para pengusaha yang belum menyalurkan zakat melalui Baitul Mal agar dapat menyalurkannya lewat Baitul Mal, sehingga penyaluran zakat dapat terkontrol dan dapat merata.

Dijelaskannya, fakir miskin ini merupakan sunatullah, jangan dijadikan sebagai beban dalam kehidupan bermasyarakat. "Mungkin ini ujian Allah kepada para pemimpin dan orang yang memiliki kemampuan sehingga dapat saling berbagi,"imbuhnya.

Pada kesempatan itu dirinya juga menghimbau masyarakat agar waspada dari provokasi orang yang menyampaikan informasi yang tidak memiliki data dan fakta, yang tidak bertabayyun dan menyebarkan ujaran kebencian.

Marzuki juga mengajak perangkat Gampong untuk mengikuti lomba pawai takbir. "Tahun-tahun lalu masih ada beberap Gampong yang belum berpartisipasi, saya mengajak mari kita syiarkan pawai takbir ini untuk menyambut hari raya idul fitri,"demikian Marzuki.

Ditempat yang berbeda, Wakil Walikota juga menyerahkan sebanyak 1.215 lembar kain sarung kepada petugas lapangan dibeberapa instansi, seperti petugas Satpol PP sebanyak 430 orang, petugas BPBD 239 orang, Dinas Lingkungan Hidup 461 orang, perhubungan 35 orang dan Baitul Mal 50 orang.(Tim)

 

Share:

Tinggalkan Komentar Anda